Minggu, 28 April 2013

Pengenalan Visual Basic


Pengenalan Visual Basic

A.Mengenal Visual Basic 6.0
Bahasa Basic pada dasarnya adalah bahasa yang mudah dimengerti sehingga pemrograman di dalam bahasa Basic dapat dengan mudah dilakukan meskipun oleh orang yang baru belajar membuat program. Hal ini lebih mudah lagi setelah hadirnya Microsoft Visual Basic, yang dibangun dari ide untuk membuat bahasa yang sederhana dan mudah dalam pembuatan scriptnya (simple scripting language) untuk graphic user interface yang dikembangkan dalam sistem operasi Microsoft Windows.
Visual Basic merupakan bahasa pemrograman yang sangat mudah dipelajari, dengan teknik pemrograman visual yang memungkinkan
 penggunanya untuk berkreasi lebih baik dalam menghasilkan suatu program aplikasi. Ini terlihat dari dasar pembuatan dalam visual basic adalah FORM, dimana pengguna dapat mengatur tampilan form kemudian dijalankan dalam script yang sangat mudah.
Ledakan pemakaian Visual Basic ditandai dengan kemampuan Visual Basic untuk dapat berinteraksi dengan aplikasi lain di dalam sistem operasi Windows dengan komponen ActiveX Control. Dengan komponen ini memungkinkan penguna untuk memanggil dan menggunakan semua model data yang ada di dalam sistem operasi windows. Hal ini juga ditunjang dengan teknik pemrograman di dalam Visual Basic yang mengadopsi dua macam jenis pemrograman yaitu Pemrograman Visual dan Object Oriented Programming (OOP).
Visual Basic 6.0 sebetulnya perkembangan dari versi sebelumnya dengan beberapa penambahan komponen yang sedang tren saat ini, seperti kemampuan pemrograman internet dengan DHTML (Dynamic HyperText Mark Language), dan beberapa penambahan fitur database dan multimedia yang semakin baik. Sampai saat buku ini ditulis bisa dikatakan bahwa Visual Basic 6.0 masih merupakan pilih pertama di dalam membuat program aplikasi yang ada di pasar perangkat lunak nasional. Hal ini disebabkan oleh kemudahan dalam melakukan proses development dari aplikasi yang dibuat.

 Interface Antar Muka Visual Basic 6.0
 Interface antar muka Visual Basic 6.0, berisi menu, toolbar, toolbox, form, project explorer dan property 

Pembuatan program aplikasi menggunakan Visual Basic dilakukan dengan membuat tampilan aplikasi pada form, kemudian diberi script program di dalam komponen-komponen yang diperlukan. Form disusun oleh komponen-komponen yang berada di [Toolbox], dan setiap komponen yang dipakai harus diatur propertinya lewat jendela [Property].
Menu pada dasarnya adalah operasional standar di dalam sistem operasi windows, seperti membuat form baru, membuat project baru, membuka project dan menyimpan project. Di samping itu terdapat fasilitas-fasilitas pemakaian visual basic pada menu. Untuk lebih jelasnya Visual Basic menyediakan bantuan yang sangat lengkap dan detail dalam MSDN.
 Konsep Dasar Pemrograman Dalam Visual Basic 6.0
 Konsep dasar pemrograman Visual Basic 6.0, adalah pembuatan form dengan mengikuti aturan pemrograman Property, Metode dan Event. Hal ini berarti:
(1) Property: Setiap komponen di dalam pemrograman Visual Basic dapat diatur propertinya sesuai dengan kebutuhan aplikasi. Property yang tidak boleh dilupakan pada setiap komponen adalah “Name”, yang berarti nama variabel (komponen) yang akan digunakan dalam scripting. Properti “Name” ini hanya bisa diatur melalui jendela Property, sedangkan nilai peroperti yang lain bisa diatur melalui script seperti
Command1.Caption=”Play”
Text1.Text=”Visual Basic”
Label1.Visible=False
Timer1.Enable=True
(2) Metode: Bahwa jalannya program dapat diatur sesuai aplikasi dengan menggunakan metode pemrograman yang diatur sebagai aksi dari setiap komponen. Metode inilah tempat untuk mengekpresikan logika pemrograman dari pembuatan suatu prgram aplikasi.
(3) Event: Setiap komponen dapat beraksi melalui event, seperti event click pada command button yang tertulis dalam layar script Command1_Click, atau event Mouse Down pada picture yang tertulis dengan Picture1_MouseDown. Pengaturan event dalam setiap komponen yang akan menjalankan semua metode yang dibuat.



 Mengaktifkan VB
1. Klik Start
2. All porgrams
3. Microsoft Visual Studio 6.0
4. Microsoft Visual Basic 6.0
5. Standart Exe
6. Open

Menutup program visual basic 6.0
Untuk menutu jendela program visual basic gunakan lah salah satu cara berikut:
a)      Klik tombol tanda silang yg terletak di pojok sudut kanan atas jendela program visual basic.
b)      Klik menu file pada menu bar , kemudian pilih exit
c)      Tekan tombol alt+Q pada keyboard.
Jika pada saat menutup program tampil kotak dialoq dan klik salah sati dengan penjelasan sbg;
·         Yes , jika ingin menutup program dan sekaligus menyimpan setiap perubahan dalam pembuatan aplikasi program
·         No , jika ingin menutp program tanpa haru menyimpan setiap perubahan dalam pembuatan aplikasi program
·         Cancel , membatak lan tindakan untuk tidak menutp jendela program.
D.Pengenalan Komponen Dasar


 










1. Menu Bar
Menu bar dalam VB seperti yang biasa kita lihat dalam Microsoft Office. Di dalamnya
terdafat menu File, Edit, View, Project, Format dan sejenisnya

2. Standart Bar

Standart Bar adalah sebuah window yang berisi ikon-ikon yang fungsinya sama dengan
menu, tetapi dapat digunakan dengan lebih cepat karena sebuah ikon mewakili satu
perintah tertentu. Contohnya adalah ikon Open, Save, Copy, Paste, Undo dan sejenisnya
3. ToolBox












ToolBox  merupakan kotak perangkat yang terdiri dari beberapa kelas objek yang di gunakan dalam proses pembuatan aplikasi .berikut  ini penjelasan masing masing kontrol yg terdapat pada toolbox

NAMA
FUNGSI
Pointer

Memilih, mengatur  ukuran , dan memindahkan posisi kontrol yang terpasang pada bagian form.
Picture box
Menampilkan gambar dari sebuah file
Label
Menampilkan text , dimana pengguna program tidak bisa mengubah text tersebut.
Text box
Membuat objek teks , dimana teks tersebut dapat di ubah oleh pengguna program
Frame
Mengelompokkan beberapa kontrol .frame ini harus di buat terlebih dahulu sebelum diisi dengan kontrol kontrol yg akan di kelompok kan .
Command buttom
Membuat tombol perintah
Check box
Membuat kotak perintah ,  dimana pengguna program dapat memilih beberapa pilihan sekaligus
Option buttom
Membuat tombol pilihan ,dimana pengguna program hanya dapat memilih satu dari beberapa pilihan yang di sediakan
Combo box
Menambah kontrol kotak kombo yang merupakan kontrol gabungan antara textbox dan listbox
List box
Menbuat daftar pilihan
Hscrollbar
Membuat kontrol penggulung horizontal
Vscrollbar
Membuat konrol penggulung vertikal
Timer
Membuat kontrol waktu dengan interval yang telah di tentukan
Drive listbox
Menampilkan disk drive yang di miliki oleh komputer.
Dirlistbox
Menampilkan directori dan path yang di miliki oleh driver aktif.
Filelistbox
Menampilkan daftar file dari direktori aktif
Shape
Menambah kontrol gambar berua lingkaran , oval , persegi panjang, bujur sangkar, dll
Line
Membuat garis lurus
Image
Menampilkan gambar pada form dalam format bitmap,icon,atau metafile
Data
Menghubungkan program dengan database dan menampilkan informasi pada form
OLE
Membuat link antar program aplikasi.













































Menambahkan komponen dalam ToolBox
1. Klik menu Project
2. Pilih Components (CTRL + T)
3. Pilih opsi dalam menu components
4. Apply
5. Ok.


4. Form

Merupakan tempat untuk di gunakan untuk merancang aplikasi yang sedang di buat . di dalam form ini dapat merancang sebuah program aplikasi dengan menempatkan kontrol-kontrol yg ada di bagian toolbox.
MENGOLAH FORM PADA VISUAL BASIC
Menambah Form
1. Klik menu Project
2. Add Form
3. Open
4. atau klik pada ikon Add Form

Menghapus Form
1. Klik kanan form yang akan dihapus (di project window)
2. Pilih remove form ???

Cara lain menghapus form adalah:
1. Pilih form
2. Klik menu Project
3. Klik Remove Form1

Memberi Nama Form
1. Aktifkan form yang akan diberi nama
2. Pindahkan kursor ke properti window
3. Tulis nama pada properti name
4. Tekan enter




Cara lain memberi nama form adalah:
1. Klik form
2. Klik menu File
3. Pilih Save Form1
4. Tulis nama form (tentukan posisi direktori)
5. Enter

Mengubah Nama Form
1. Klik kanan form yang akan diubah namanya
2. Pilih save form ??? As …
3. Tulis nama baru
4. Pilih save (enter)

Cara lain memberi nama berbeda pada form adalah:
1. Aktifkan form
2. Klik menu File
3. Pilih Save Form1 As
4. Tulis nama form
5. Enter

Menyisipkan Form Yang Sudah Ada
1. Klik menu project
2. Add form
3. Klik tab existing
4. Pilih form
5. Open

Menentukan form utama
Jika kita memiliki beberapa form dalam sebuah proyek , maka kita harus menentukan form mana yg terjadi form utama . form utama adalah form yg tmpil pertama kali saat sebuah aplikasi di jalan kan
Langkah untuk menentukan form yg pertama kali tampil saat aplikasi di jalankan adalah :
a)      Klik menu project – project properties  sehingga tampil kotak dialoq  project properties.
b)      Aktifkan tabulasi  general  . klik dropdwon pada bagian startup object ,  kemudian pilih nama form yg akan di pakai sebaga form utama
c)      Klik  ok
Menutup atau menyembunyikan form
Metode yg digunakan untuk menyembunyikan form adalah sbg:
1.      Metode unload , metode ini di pakai untuk menutu form aktif . menutup sebuah form berarti form tersebut hilang tampilan pada layar dan hilang dari memori komputer.
2.      Metode hide , metode ini di pakai untuk menyembunyikan form dari tampilan layar , tetapi tidak menghilangkann nya dari memori ditampilkan kembali dengan metode hide dapat di tampilkan kembali dengan metode show .


Berikut ini cara penulisnya:
Unload me                  ‘menutup form aktif
Namaform.hide        ‘menyembunyikan form aktif

Catatan :
Menyembunyikan dan menampilkan form dengan menggunakan metode hide dan show memiliki proses lebih cepat di bandingkan menutup dan membaca ulang form dengan pernyataan load dan unload . ini di sebabkan aplikasi tidak perlu lagi membaca kembali form dari disk dengan pernyataan load , namun kelemahan nya adalh membutuhkan penggunaan memori yg lebih besar .

Mengaktifkan form melalui  kode program
Dalam pembuatan sebuah aplikasi yg cukup kompleks mungkin kita membutuhkan beberapah form di dalamnya . untuk mengaktifkan form melalui kode program , yg diperlukan dua metode , yaitu :
1.      Metode show ,  metode yg di gunakan untuk mengaktifkan (menempatkan pada memori ) dan menampilkan form tersebut .
2.      Metode load , fungsinya hampir sama dengan metode show , perbedaanya form tersebut dipanggil dan di pindahkan ke memori , tetapi tidak di tampilkan di layar . form yg sudah di load dapat di tampilkan ke layar dengan metode show
Berikut ini cara penulisanya :
Namaform.show
namaform adalah nma dari form yg akan di aktifkan

Contoh :
Form2.show
Pada contoh diatas dengan nama form2  akan di tampilkan .jika form tersebut tidak dalam kondisi aktif dan berada di belakang from lainya , maka dengan perinah tersebut form akan di aktifkan dan di letakkan di urutan paling depan.

Membuat MDIForm ( multiple document interface)
MDIForm merupakan salah satu fasilitas yg dimiliki sistem windows yg memungkinkan pengguna menampilkan beberapa jendela sekaligus . pada aplikasi yg menggunakan MDI  , ada satu jendela aau form induk  yg di sebut dengan MDIForm dan beberapa jendela anak atau MDIChilld. Window  anak (MDIChild) dapat di kecilkan menjadi ikon . semua ini akan memudahkan para pengguna program aplikasi yg telah kita buat , teapi pemprograman nya akan menjadi lebih kompleks.
Ada beberapa ketentuan jika kita menggunakan MDI form , yaitu :
§  Dalam satu proyek , kita hanya dapat membuat satu buah MDIForm.
§  Di dalam MDIForm , kita hanya dapat meletakkan kontrol picture box dan time , selain itu tidak
§  Dalam satu MDIForm , kita hanya dapat membuat beberapa MDIChild  (jendela anak/form)
§  Ada perbedaan tampilan jendela anak MDIChild yg aktif dengan yg idak aktif . ini bisa dilihat dengn terjadinya perubahan warna pada batang judul.
Langkah untuk membuat MDIForm (jendela induk ) adalah :
1.      Klik menu project – add MDIForm , sehingga tampil kotak dialog add MDI Form .
2.      pada tab  new ,  klik pilihan new
3.      klik tombol open , sehingga MDIForm akan di tambahkab di proyek kita

  

 

 5. Project

Merupakan jendela yang di gunakan untuk menampilkan proyek –proyek, form –form , atau modul modul yang terlibat dalam proses pembuatan aplikasi.

MENGOLAH PROJECT PADA VISUAL BASIC


NAMA
FUNGSI
View code
Menampilkan jendela code  yang merupakan tempat untuk menuliskan code program dari objek yang terpilih pada jendela form.
View object
Menampilkan jendela form yg merupakan temat untuk mendesain aplikasi program
Toggle folders
Menampilkam atau menyembunyikan folder menampung nama form  dari suatu proyek.




Membuat Project Baru .
Membuat projrct baru dapat dilakukan dengan memilih menu [File] >> [New Project] atau dengan menekan ikon [new project] pada Toolbar yang terletak di pojok kiri atas. Setelah itu akan muncul konfirmasi untuk jenis project dari program aplikasi yan akan dibuat seperti terlihat pada gambar 1.3. . 













Visual Basic 6.0 menyediakan 13 jenis project yang bisa dibuat seperti terlihat pada gambar 1.3 di atas. Ada beberapa project yang biasa digunakan oleh banyak pengguna Visual Basic, antara lain:
(1) Standard EXE: Project standar dalam Visual Basic dengan komponen-komponen standar. Jenis project ini sangat sederhana, tetapi memiliki keunggulan bahwa semua komponennya dapat diakui oleh semua unit komputer dan semua user meskipun bukan administrator. Pada buku ini akan digunakan project Standard EXE ini, sebagai konsep pemrograman visualnya.
(2) ActiveX EXE: Project ini adalah project ActiveX berisi komponen-komponen kemampuan intuk berinteraksi dengan semua aplikasi di sistem operasi windows.
(3) ActiveX DLL: Project ini menghasilkan sebuah aplikasi library yang selanjutnya dapat digunakan oleh semua aplikasi di sistem operasi windows.
(4) ActiveX Control: Project ini menghasilkan komponen-komponen baru untuk aplikasi Visual Basic yang lain
(5) VB Application Wizard: Project ini memandu pengguna untuk membuat aplikasi secara mudah tanpa harus pusing-pusing dengan perintah-perintah pemrograman.
(6) Addin: Project seperti Standard EXE tetapi dengan berbagai macam komponen tambahan yang memungkinkan kebebasan kreasi dari pengguna.
(7) Data project: Project ini melengkapi komponennya dengan komponen-komponen database. Sehingga bisa dikatakan project ini memang disediakan untuk keperluan pembuatan aplikasi database.
(8) DHTML Application: Project ini digunakan untuk membuat aplikasi internet pada sisi client (client side) dengan fungsi-fungsi DHTML.
(9) IIS Application: Project ini menghasilkan apliaksi internet pada sisi server (server side) dengan komponen-komponen CGI (Common Gateway Interface).
Selanjutnya pilih Standard EXE dan tekan [Ok]. Lalu muncul tampilan dari Standard Exe seperti pada gambar 1.1. Dengan demikian project sudah siap dibuat. Dalam pembuatan project sebelumnya double click pada form yang terbuat maka adak terlihat jendela tersembunyi (hidden windows) yang berupa jendela untuk pembuatan program atau jendela kode (code windows). Hal ini Dapat dilakukan dengan cara memilih ikon jendela form atau jendela kode yang ada di [Project Explorer].


Membuka Project
1. Klik menu File
2. Open Project
3. Pilih project di direktori tertentu
4. Open

Menyimpan Project
1. Klik menu File
2. Pilih Save Project
3. Tentukan direktori
4. Tulis nama project
5. Klik Save






Menyimpan project dengan nama yang berbeda
1. Klik menu File
2. Pilih Save Project As
3. Tentukan direktori
4. Tulis Nama Project
5. Enter

Membuka file proyek
Untuk membuka file proyek , gunakan lah salah satu cara berikut :
·         Melalui kotak dialoq new project, saat pertama kali menjalankan program visual basic ;
a)      Pada kotak dialoq new project yg tampil  , pilih tabulasi exiting .
b)      Tentukan nama file proyek yg akan di buka pada bagian look in , dan klik tombol open
·         Melalui jendela program visual basic yg sudah aktif ;
a)    Klik menu file – open project  atau klik tombol open project pada toolbar standar atau tekan  ctrl+O
b)    Pastikan kita aktif pada tabulasi exiting  . tentukan lokasi file proyek yg akan di buka , kemudian klik open .
Tabulasi recent digunakan untuk membuka file proyek yg terakhir kali di gunakan , cara pillih langsung nama file proyek nya dan klik open .

Menutup proyek
Langkah untuk menutup proyek yg sedang aktif adalah :
a)      Pada jendela project explorer , klik kanan nama proyek yg akan di tutup , kemudian pilih remove project .
b)      Jika pada saat memilih perintah remove project tampil kotak dialog microsoft visual basic . klik lah salah satu tombol berikut :
·         Yes ,  untuk menutup proyek aktif sekaligus menyimpan semu perubahan yg anda lakukan pada form
·          No, untuk menutup royek tanpa menyimpan perubahan yg telah kita lakukan pada form
·         Cancel , untuk membatalkan proses menutup proyek.







Memilih Startup Project
1. Klik kanan nama project
2. Project properties
3. Di bawah startup project, pilih form
4. Ok





Cara lain memilih startup project adalah:
1. Klik menu project
2. Project properties
3. Di bawah startup project pilih form
4. Ok
Merancang Menu
Menu adalah sebuah GUI yang digunakan untuk mengintegrasikan seluruh GUI dalam sebuah
project. Cara pembuatannya adalah sebagai berikut:
1. Klik menu Tools
2. Pilih Menu Editor (CTRL + E)
3. Ketik &File (dikotak Caption)
4. Ketik mnfile (dikotak Name)
5. Lakukan seterusnya hingga tampil seperti gambar berikut

6. Untuk mengubah posisi menu secara horizontal, klik ikon tanda panah ke kanan atau ke
kiri.
7. Untuk mengubah posisi menu secara vertikal, klik ikon bergambar tanda panah ke atas atau
bawah.
8. Untuk menyisipkan menu di posisi tertentu, klik Insert
9. Untuk melanjutkan ke menu berikutnya, klik Next
10. Untuk menghapus menu klik Delete
11. Setelah rancangan menu selesai klik OK

6. Properti Window                                                                                                       

Merupakan jendela yang digunakan untuk menampilkan dan mengubah properti – properti yg di miliki sebuah objek .pada jendela properties terdapat dua pilihan tabulasi , yaitu alphabetic(urut berdasarkan abjad ) dancategorized (urut berdasarkan kelompok).
7. Jendela code
Merupakan jendela yg digunakan untuk menampilkan atau menuliskan kode program.
Untuk mengaktifkan jendela code , gunakan lah salah satu cara berikut:
1.      Klik tombol view code pada jendela project.
2.      Klik menu view , pilih perintah CODE
3.      Klik ganda pada form atau kontrol yang dudah di sisipkan pada form.

8.Jendela form layout
Merupakan jendela yg di gunakan untuk mengatur posisi form pada layar monitor saat program di jalankan .pada saat mengarah kan pointer mouse ke bagian form menjadi tanda  anak panah empat arah . untuk memindahkan posisi form melalui form layout view , lakukan proses klik tahan dan geser ke posisi yg dingin kan . selanjutnya tekan f5pada keyboard untuk melihat hasil perubahan posisi form.
9. Jendela immediate
Merupakan jendela yg di unakan untuk melihat dan memeriksa hasil suatu ekpresi secara langsung . kita bisa mengetikkan baris program pada jendela immediate , dan visual basic akan menampilkan hasilnya . hal ini bermanfaat untuk proses pengujian suatu perintah sebelum di pasang di dalam program .
Untuk mengetikkan jendela immediate klik menu view , immediate window atau gunakan perintah ctrl+G pada keyboard.
10. Jendela object browser.
Merupakan jendela yg di gunakan untuk melihat objek – objek yg terlibat dalam pembuatan aplikasi . ada jendela ini kita bisa dapat melihat metode , event ,atau properti yg di miliki sebuah objek.
Untuk menampilkan jendela object browser , klik menu view , object browser.
  PROPERTI DAN EVENT CONTROL
Properti merupakan atribut yg melekat pada suatu kontrol yg berfungsi untuk menentukan sifat atau karakteristik dari kontrol yg bersangkutan misalnya warna,jenis huruf , ukuran , dsb. Tatanan properti juga di gunakan untuk menentukan cara kerja dan tampilan dari sebuah kontorl apabila program yg kita buat di jalankan .
Sedangkan event merupakan suatu kejadian yg dikenakan terhadap objek /kontrol misalnya click , gotfocus,keypress dll.


MENGENAL PROPERTI FORM DAN KONTROL
Form adalah sebuah tempat untuk mendesain dan meletakkan objek atau kontrol dalam pembuatan sebuah aplikasi program . dan berikt ini adalah beberapa properti untuk form dan kontrol.
PROPERTI
FUNGSI
KONTROL
Name
Memberi nama kontrol
Semua kontrol
Alignment

Mengatur perataan teks di dalam kontrol


·         Checkbox
·         Label
·         Option buttom
·         Textbox
Appearance





Mengatur tampilan form atau kontrol
·         Label
·         Textbox
·         Checkbox
·         Listbox
·         Filelistbox
·         Optionbuttom
·         From
·         Picturebox
·         Frame
Forecolor
Backcolor



Mengatur warna teks dalam kontrol
Mengatur warna latar belakang
·         Form
·         Label
·         Textbox
·         Combobox
·         Listbox
·         Frame
·         Checkbox
·         Optionbutton
Borderstyle
Mengatur bentuk garis border suatu objek
·         form
·         label
·         texrbox
·         frame
·         image
·         picturebox
·         shape
Border color

Border width

Menentukan warna garis bingkai suatu objec
Menentukan lebar garis bingkai suatu kontrol
·         shape
·         line
Caption

Menampilkan teks tambahan dalam kontrol

·         from
·         label
·         checkbox
·         optionbuttom
·         command button
·         data
Control box

Jika true , form akan memiki tombol (minimize , maximize , close )
·         form

Enable
Mengatur aktif dan tidak aktifnya sebuah kontrol
Semua kontrol kecuali line dan shape
Font


Mengaatur format font dari sebuah kontrol



·         label
·         textbox
·         combobox
·         listbox
·         checkbox
·         frame
Mouselcon

mouse  pointer 

Menentukan gambar ikon mouse pilihan yg akan di gunakan
Menentukan bentuk pointer mouse saat pointer mouse diarahkan pada kontrol

Semua kontrol kecuali timer , line , dan shape.


Movable
Mengunci form agar tidak bisa di pindah kan posisinya
·         form

Picture

Menampilkan fie gambar pada kontrol
·         form
·         picture box
·         image
Start up position

Menentukan posisi objek saat pertama kali ditampilkan
·         form
Visible
Mengatur tampil dan tidak nya sebuah form
·         semua kontrol kecuali timer
Tabindex
Untuk menentukan urutan penekanan tombol tab dari objek objek yg terdapat di dalam induk form
·         command buttom
·         check box
·         option buttom
·         listbox
·         terxtbox
Tool tip text
Menambah tampilan teks keterangan pada suatu kontrol

Multi line
Menentukan suatu nilai yg mengindikasikan apakah sebuah kontrol textbox dapat menerima dan menampilkan baris ganda suatu teks.
·         Text box

Text
Untuk menampilkan dalam kontrol textbox
·         Textbox
·         Combobox
Style
Untuk menentukan sebuah nilai yg mengindikasikan jenis penampilan dan lingkungan suatu kontrol
·         Command buttom
·         Check box
·         Option box
List
Mengisi daftar item
·         Listbox
·         Combobox
Value
Untuk mengatur nilai atau isi dari suatu kontrol
·         Checkbox
·         Otion button
·         Hscrollbar
·         vscrollbar
Shape
Mengubah bentuk shape
·         shape
Strech
Untuk mengubah ukuran gambar agar sesuai dengan ukuran image
·         picture box
·         image

Sorted
Menentukan apakah daftar item urut berdasarkan alfabet atau tidak (false , true)
·         listbox
·         combo box

Autosize
Menentukan apakah ukuran picturebox otomatis disesuaikan dengan ukuran gambar.
·         Label
·         Picturebox



MENGOLAH  KONTROL
Menambah dan menghapus kontrol pada toolbox.
Langkah untuk menambah kontrol ke bagian toolbox adalah :
1.      Klik menu  project  dan pilih  component  atau tekan  ctrl+T pada keyboard.
2.      Pada kotak tabulasi controls dan diaktifkan pilihan kotak periksa dari kontrol  yg ingin kita tambahkan ke bagian toolbox.
3.      Klik tombol ok sehingga  kontrol yg kita pilih akan di tambahkan pada baian toolbox.
Sedangkan langkah untuk menghapus kontrol pada toolbox adalah sebagai berikut:
1.      Dari tampilan kotak dialog components , aktifkan tabulasi controls dan matikan pilihan kotak periksa dari kontrol yg ingin di hapus dari toolbox.
2.      Klik ok ehingga kontrol yg kita pilih akan di hapus dari bagian toolbox.
Memasang kontrol pada form .
Untuk memasang kontrol pada form , gunakan lah salah satu cara di bawah ini :
1.      Pada toolbox, klik ganda salah satu kontrol yg akan kita pasang pada form, maka kontrol tersebut akan di pasang pada form dengan ukuran default dan di leakkan di tengah tengah form.
2.      Jika sudah ada kontrol y terpasang sebelumnya , maka kontrol yg baru akan selalu di letakkan di atas kontrol yg telah terpasang tersebut.
3.      Klik salah satu kontrol pada toolbox dan arahkan pointer mose pada form , kemudian klik tahan dan geser mouse untuk membentuk objek kontrol  dengan ukuran yg diinginkan.
Menyamakan ukuran kontrol
Kontrol yg di jadikan acuan untuk menyamakan ukuran adalah yg terpilih dan yg salah satunya memiliki handle dengan warna biru . proses ini sama seperti pada saat kita mengatur perataan kontrol .
Langkah untuk menyamakan ukuran beberapa kontrol yg terpilih adalah
1.      Pilih kontrol yg ingin di samakan ukuranya
2.      Klik menu format – make same size , sehngga tampil beberapa pilihan perintah sbg:
Perintah
Digunakan untuk
Widht
Menyamakan ukuran lebar kontrol
Height
Menyamakan ukuran tinggi kontrol
Both
Menyamakan ukuran lebar dan tinggi kontrol
Menggunakan kontrol combo box
Combobox merupakan kontrol yg akan memberikan ilihan kepada pengguna program , namun hanya ada satu ilihan yg akan di tampilkan . untuk menampilkan pilihan lainya , pengguna program harus mengklik tombol drop down yg terdapat pada combobox . kija kita ingin mengisi atau menghapus item pada combobox , gunakan lah metode yg pernah di bahas ada lisbox




Menggunakan frame dan option buttom
Frame adalah sebuah kontrol yg di unakan untuk mengelompokkan beberapa objek kontrol . salah satunya di sini adalah option button . sedangkan option button adalah sebuah kontrol hanya memberikan satu pilihan kepada pengguna program . untuk  mengelompokkan kontrol di dalam frame caranya pasang frame pada form , kemudian kita memasukkan beberapa kontrol di dalam frame tersebut.
Menggunakan Hscrollbar dan Vscrollbar
Kontrol Hscrollbar dan Vscrollbar merupakan kontrol yg dapat di gunakan untuk melakukan penambahan atau pengurangan nilai posisi horizontal dan vertikal.
Menggunakan kontrol list box.
List box adalh sebuah kontrol untuk menampilkann daftar item yg dapat di pilih oleh pengguna program di mana pengguna tidak dapat menambah item pada kontrol tersebut .di dalam kontrol list box kita dapat mengisi atau menghapus item pada kontrol tersebut .
Menggunakan kontrol OLE
 Object linking and embedding atau biasa disebutkan OLE adalah kontrol yg digunakan untuk menyisipkan aplikasi lain ke dalam program yg kita buat , seperti Excel , Word , Paint , Access dan aplikasi yg lain yg berbasis windows . pada kontrol ini aplikasi yg dapat di akses adalh aplikasi yg sudah terinstal ada komputer kita . berikut adalah beberapa properti yg di miliki oleh kontrol OLE :
Properti
Di gunakan untuk
Auto activate
Menentukan cara mengaktifkan kontrol OLE
Class
Menentukan jenis aplikasi yg di sisipkan
Display type
Menentukan tampilan OLE
Source
Item asal dari objek OLE yg di sisip kan
Size mode
Mengatur ukuran tampilan aplikasi pada OLE

Untuk menggunakan kontrol OLE  , lakukan langkah berikut :
1.      Buat proyek baru , kemudian tambahkan kontrol  OLE pada form sehingga akan  tampil kotak dialog insert .
2.      Klik tombol pilihan create new , kemudian pada kotak obkect type pilih microsoft word document .
3.      Klik tombol ok
4.      Jalankan program dengan tombol f5 dan oba lakukan klik ganda pada area OLE untuk mengaktifkan rogram yg terhubung dengan OLE .
Memberikan nama pada kontrol.
Pemberikan nama kontrol pada propertii name sangat lah perlu di lakukan , hai ini di maksudkan agar kita tidak kebingungan untuk mengingat kontrol – kontrol apa saja yg kita pakai  dalam pembutan aplikasi program . untuk pemberian nama antara kotrol yg satu dengan lainya harus berbeda atau tidak boleh sama . kita mungkin tetap ingin menggunakan nama default , tetapi jika kita empunyai beberapa konterol yg  sama , kita dapat mengubah nama kontrol tersebut dengan nama yg lebih deskriptif , karena mungkin sulit membedakan kontrol label1 pada form yg satu dengan form lain , kita dapat menentukan nama sebuah object , terutama sekali jika sebuah aplikasi terdiri dari beberapa modul form . untuk memberikan nama pada form atau kontrol lainya , perhatikan beberapa aturan beberapa aturan di bawah ini :


·         Nama harus di awali dengan karakter/teks.
·         Nama terdiri dari karakter , angka dan garis bawah  “_”
·         Nama tidak boleh mengandung karakter khusus , misalnya titik , koma , spasi dll.
·         Panjang maximal nama adalah 40 karakter.
Berikut adalah langkah untuk memberi nama pada kontrol:
a.       Pada form , pilih kontrol yg ingin di beri nama
b.      Pada jendela properties , klik properti name , elanjutnya klik ganda nama kontrol yg terpaang defauit
c.       Ketik nama baru untuk kontrol tersebut , misalnya lbljudul dan tekan enter.
MENGENAL EVENT PROGRAM
Event merupakn suatu tindakan yg di kenakan terhadap objek, seperti menekan tombol keyboard , melakukan drag drop dll. Event yg di terima oleh objec berfungsi untuk menjalankan kode program yg ada dalam program tersebut. Contoh event yg di miliki oleh objec visual basic adalh click , activate , validation dll.
Langkah untuk mengetahui event pada visual basic ;
1.      Sisipkan sebuah kontrol pada form , dengan cara pilih kontrol dari toolbox , arahkan pointermouse pada area form , lakukan klik tahan dan geser untuk membentuk objek kontrol.
2.      Klik gandan objek kontrol tersebut. Setelah jendela code tampil , ketikkan lah kode dan pilih lah salah satu event nya dan  OK.
Berikut ini adalah beberapa event yg sering digunakan pada form atau kontrol
1.      Event control
Berikut penjelasan mengenai properti dan event yg sering di gunakan pada kontrol;
Kontrol
Event
Label
·         Change , kejadian saat properti caption berubah
·         Click , kejdian saat pengguna mengklik label
·         Dbl click , kejadian saat pengguna mengklik ganda pada label
Textbox
·         Change , kejadian saat properti text pada kotak teks berubah
Command buttom
·         Click ,kajadian saat pengguna mengklik command buttom.
Checkbox
·         Click , kejadian saat pengguna mengklik kotak periksa
Option buttom
·         Click , kejadian saat pengguna mengklik tombol pilihan
Frame
·         Click , kejadian saat pengguna mengklik frame
Listbox
·         Click , kejadian saat pengguna mengklik kotak daftar.
·         Item check , kejadian saat pengguna memilih salah satu item di dalam daftar . event ini berlaku untuk listbox dengan tipe checkbox
Combobox
·         Click , kejadian saat pengguna mengklik kotak daftar
·         Change ,kejadian saat pengguna mengganti atau mengetik item dalam combo box
·         Scroll , kejadian saat pengguna menggulung scrollbar vertikal . hal ini terjadi jika daftar item cukup banyak sehingga scrollbar akan di tampilkan
Image
·         Click , dbl click , mouse down , mouse move , mouse up.
Picture box
·         Click , dbl click , mouse down , mouse move , mouse up.
Hscrollbar
·         Change , kejadian saat pengguna menekan tombol panah penggulung hscrollbae.
·         Scroll ,keadian saat pengguna menggulung batang penggulung hcrollbar



2.      Event form
Event
Keterangan
Activate
Kejadian saat form menjadi jendela aktif
Click
Kejadian saat pengguna program mengklik form
Double klik
Kejadian saat pengguna program melakukan klik ganda pada form
Deactivate
Kejadian saat form lain menjadi jendela aktif
Drag drop
Kejadian saat proses drag melewati form selesai
Drag over
Kejadian saat proses drag melewati form
Got fokus
Kejadian saat form mendapatkan fokus
Key down
Kejadian saat pengguna mengetikkan karakter pada objek form
Key prees
Kejadian pada saat pengguna mengetikkan karakter pada objek form
Key up
Kejadian saat pengguna melepaskan tombol keyboard
Load
Kejadian saat form diaktifkan dan belum tampak di layar monitor
Lost fokus
Kejadian saat form kehilangan fokus
Mouse down
Kejadian saat engguna program menekankan mouse melewato form
Mouse move
Kejadian saat pengguna program menggerakkan mouse pada form
Mouse up
Kejadian ketika pengguna melepaskan penekanan tombol mouse pada form
Unload
Kejadian saat form di non aktifkan










MENGENAL METODE & MODUL
*      Metode adalah kumpulan perintah yg memiliki kegunaan yg hampir sama dengan suatu fungsi atau prosedur , tetapi perintah – perintah tersebut sudah di sediakan dalam suatu objek .
berikut ini adalh beberapa metode yg di sering di gunakan pada form atau kontrol:


METODE
DIGUNAKAN UNTUK
Hide
Menyembunyikan form saat program di jalankan
Move
Memindahkan  letak atau mengubah ukuran form
Refresh
Mencetak ulang / refresh form
Show
Menampilkan form yg di sembunyikan
Zorder
Menentukn urutan form
Setfocus
Memberikan fokus pada sebuah kontrol

*      Modul hampir sama fungi nya dengan jendela kode ,  hanya saja , modul ini dikhususkan untuk menuliskan kode program saja . kita tidak dapat meletakkan sebuah objek di dalam modul . modul pada intinya du gunakan untuk meletakkan prosedur atau fungsi yg seringkali di gunakan dalam program aplikasi .
Kita dapat menambahkan suatu modul ke dalam program aplikasi dengan menggunakan perintah dari menu project – add module dan kemudian mengisi nya dengan suatu kode program.

Mengenal Tipe data, Variabel, Konstanta dan Operator pada Visual Basic 6.0


a. Tipe data
Setiap variabel atau konstanta dalam visual basic memiliki tipe data .saat kita mendeklrasi suatu variabel , kita jugandapat memberikan suatu tipe data pada variabel tersebut . tipe data suatu variabel di gunakan untuk mengatur jenis data yg di butuhkn untukm menyimpan nilai nilai tersebut di dalam memori . visual basic membedakan tipe data menjadi tujuh tipe yaitu :
·         Numeric
Di bedakan menjadi :
Integer -32,768 s/d 32,767
Long - 2,147,483,648 s/d 2,147,483,647
Single Negatif : - 3.402823E+38 s/d - 1.401298E-45single Positif : 1.401298E-45 s/d 3.402823E+38
Double Negatif : - 1.79769313486232E+308 s/d - 4.94065645841247E-324double Positif : 4.94065645841247E-324 s/d 1.79769313486232E+308
Currency - 922,337,203,685,477.5808 s/d 922,337,203,685,477.5807
·         String
Di pakai untuk menerima data dalam bentuk teks . ada dua tipe , yaitu variabel string yg lebar nya di tentukan dan variabel  string yg lebarnya tak di tentukan
Perhatikan contoh berikut ini:
Dim nama as string
Dim jumlah as string * 10

variabel nama di deklarasikan sebagai variabel tipe string tanpa batas , sedangkan jumlah di deklarasikan sebagai variabel tipe srting dengan batas maximal 10 karakter .
·         Variant
Jika anda mendeklarasikan sebuah variabel tanpa menyebutkan tipenya , maka visual basic akan memasang tipe default  , yaitu tipe variant . tipe data ini bisa di katakan tipe kombinasi , angka maupun string
·         Boolean
Data tipe boolean hanya memiliki dua kondisi yaitu mati /hidup , benar , sala , atau yg biasa di gunakan salam visual basic adalah true atau false .
·         Date
Variabel tipe data di gunakan untuk menampung data dalam bentuk tanggal
·         Object
Variabel tipe object dpt di pakai untuk menggantikan objek objek (kontrol).misalnya kita memiliki form dengan nama form 1dan tombol dengan nama command button1. Kita bisa membuat variabel untuk menampung kedua objeck tersebut .
b. Variabel
adalah  tempat yg di gunakan untuk menyimpan data atau informasi yg bersifat sementara . dalam kegunaanya variabel harus di beri nama . pemberian nama diusahakan  sesuai dengan nilai yg di kandung nya , singkat , dan jelas . vb tidak memerhatikan penulisan huruf besar dan kecil. Syarat penamaan sebuah artikel sebuah artikel adalah :
harus  diawali dengan abjad dan tidak boleh menggunakan angka
Panjang nama varriabel maxiimal 255 karakter
Tidak bolehh menggunakan karakter %,&,!,#,@,$,dan spasi
Tidak boleh menggunakan kata yg di kenali oleh vb , seperti input ,  print , dll
c. konstanta
adalah variabel yg nilaidi dalamnya bersifat tetap . konstanta di perlukan jika kita memerlukan sebuah nilai tetap yg sering di pakai di banyak bagian dalam program . alasan lain dalam penggunaan konstanta adalah kita tidak perlu mengingat  igat suatu nilai , tetapi cukup nama konstantnya.
Dalam vb terdapat dua jenis konstanta , yaitu :
·         Konstanta intrinsik , konstanta yg telah di defenisikan oleh sistem yg di sediakan oleh aplikasi dan kontrol . konstanta visual basic di tampilkan dalam daftar pustaka objek vb dan aplikasi vb dalam object browse dll
·         Konstanta yg di buat sendiri oleh pengguna yg dapat di deklarasikan dgn menggunakann perintah const.
Bentuk penulisan untuk mendeklarasikan suatu nilai konstanta adalah sebagai berikut:



[public]|private]const nama_konstanta[As type ]=ekspresi
Keterangan :
·         Public|private bersifat opsional , public , jika konstanta di pakai di semua bagin dalam program .Private , jika konstanta hanya di pakai pada prosedur atau modul tertentu
·         Nama_konstanta harus diawali dengan abjad , di sarankan di awali dengsn con , seperti contanggal, conjumlah . hal ini untuk membedakan antara variabel dengan konstanta.
·         As type bersifat opsional , yg bertujuan untuk memperjelas tipe konstanta.
·         Eksperi adalah nilai dari konstanta yg akan di deklarasikan
Ruang lingkup konstanta
Perintah Const memiliki ruang lingkup seprti dalam mendeklarasikan suatu variabel , dan juga memiliki aturan yg sama denan nama variabel .
·         Untuk membuat konstanta , deklarasikan konstanta tersebut dalam suatu prosedur
·         Untuk membuat konstanta yg berlaku untuk semua prosedur dalam suatu modul dan tidak berlaku untuk kode program yg terletak di luar  modul , deklarasikan pada bagian Declaration dari suatu modul.
Untuk membuat konstanta yg berlaku pada seluruh aplikasi , deklarasikan konstanta tersebut dalam bagian Declarations dari suatu modul standar  , dan letakkan kunci public sebelum perintah Cosnt.konstanta public tidak dapat di deklarasikan dalam suatu form atau class module.
d. Operator
Operator adalah suatu tanda yang digunakan untuk menghubungkan satu variabel atau
konstanta dengan variabel atau konstanta lain dengan tujuan melakukan berbagai
manipulasi dan pengolahan data. Pada Visual Basic 6.0 terdapat bermacam-macam
operator, yaitu:
1. Operator Penugasan (Assignment)
Operator penugasan disimbolkan dengan tanda sama dengan (=) dan berfungsi
memasukkan suatu data ke dalam suatu variabel. Contoh:
Harga = 2500
Nama = “Anita”
2. Operator Aritmatika
Operator aritmatika digunakan untuk melakukan operasi aritmatika. Operator
aritmatika mempunyai hirarki paling tinggi dibanding operator pembanding dan
operator logika. Penulisan operator aritmatika dengan hirarki dari paling
tinggi ke paling rendah, sebagai berikut:






§  Operator penjumlahan
Bentuk :
Hasil = pernyataan 1+pernyataan 2
§  Operator pengurangan
Bentuk :
Hasil = angka 1 – angka 2
Operator – digunakan untuk melakukan operasi pengurangan dari dua data angka atau digunakan untk menyatakan suatu data yg bernilai negatif.
§  Operator perkalian
Bentuk :
Hasil = angka 1 * angka 2
Operator ini di gunakan untuk melakukan operasi perkalian dari dua data angka
§  Operator pembagian bilangan real
Bentuk  :
Hasil = angka 1 / angka 2
Operator ini di gunakan untuk melakukan operasi pembagian dari dua bilangan pecahan.
§  Operator pembagian bilangan bulat
Bentuk :
Hasil  = angka  1 / angka 2
Operator ini di gunakan untuk melakukan operasi pembagian dari dua bilangan yg menghailkan data bertipe interger


§  Operator mod ( modulus )
Bentuk :
Hasil = angka 1 mod  angka 2
Operator ini gunakan untuk melakukan oerasi pembagian dari dua bilangan yg akan menghasilkan nilai sisa hasil pembagian .
§  Operator perpangkatan
Bentuk :
Hasil =angka ^ eksponen
Operator ini gunakan untuk melakukan operasi  memamgkatkan suatu bilangan berdasarkan nilai eksponen.
Angka dapat bernilai negatif jika niai eksponen adalah sebuah data interger .




§  Operator penggabungan
Bentuk :
Hasil = pernyataan 1& pernyataan 2

Operator ini di gunakan untuk melakukan operasian menggabungkan du apernyataan yg berbentuk teks ( string ).
Jika pernyataan yg di gabungkan bukan merupakan data berbentuk teks(string), maka data tersebut akan di ubah menjadi  data bertipe srting .

 Operator Pembanding (Relasi)
Operator pembanding digunakan untuk membandingkan suatu data (ekspresi) dengan
data (ekspresi) lain dan menghasilkan nilai logika (boolean) Benar tau Salah.
Bentuk dari operator pembanding seperti yang terpampang pada tabel dibawah ini:
Operator
Penjelasan
=
Sama dengan
< >
Tidak sama dengan
Lebih kecil dari
Lebih besar dari
<=
Kurang dari sama dengan
>=
Lebih besar sama dengan
like
Memiliki ciri yg sesuai

2. Operator Logika
Merupakan suatu operator yg menghasilkann nilai logika (true or false ).
Operator logika digunakan untuk mengekspresikan satu atau lebih data (ekspresi)
logika (boolean) yang menghasilkan data logika baru. Tabel operator logika
dengan hirarki dari atas ke bawah adalah sebagai berikut:

Operator
Penjelasan
AND
Di gunakan untuk menghasilkan nilai logika (true and false ) dari dua kondisi Bentuk:
Hasil =kondisi1 and kondisi 2
Jika kedua pernyataan tersebut bernilai true , maka hasilnya bernilai true , jika salah satu pernyataan bernilai false , maka hasilnya pun bernilai false .
NOT
Digunakan untuk menghasilkan nilai logika (true atau false )dari dua kondisi ,
Bentuk :
Hasil = notkondisi
Jika kedua kondisi tersebut bernilai true , maka hasilnya bernilai true , jika salah satu kondisi bernilai false , maka hasilnya false .
OR
Operator OR akan memberi nilai true , jika salah satu kondisinya yg di uji memiliki nilai true .
Bentuk :
Hasil =kondisi1 OR kondisi2



























DERAJAT OPERASI PERHITUNGAN
Adalah urutan pengerjaan suatu operasi perhitungan yg terdiri dari beberapa pernyataan.
Tanda kurung buka “( “ dan kurung tutup “)” dapat di gunakan untuk mendahulukan suatu operasi perhitungan dari suatu rangkaian operasi perhitungan yg terletak di luar kedua tanda tersebut.
Apabila pernyataan – pernyataan tersebut berisi operator operator , maka operator arimatika akan di kerjakan terlebih dahulu dan kemudian di lanjutkan dengan pernyataan yg menggunakan operator pembanding dan terakhir akan mengerjakan pernyataan yg berisi operator logika



Semua operator pembanding memiliki derajat pengoperasian y sama  , di man operator tersebut akan dibaca atau di proses dengan urutan proses mulai dari operator pembanding yg terletak di bagian paling kiri sampai bagian paling kanan .
Operator pembanding terdiri dari sam dengan = , tidak sama dengan < >, kurang dari < , lebih dari > , kurang dari atau sama dengan < = , dan lebih dari atau sama dengan >=.
Operator arimatika dan operator logika akan di operasikan atau di kerjakan dengan derajat urutan proses sbg:
Operator arimatika
Operator logika
Perpangkatan (^)
Not
Negatif (-)
And
Perkalian dan pembagian (*,/)
Or
Pembagi bilangan bulat (\)
Xor
Sisa hasil bagi / modulus (mod)
Eqv
Penjumlahan dan penggurangan (+,-)
Imp
Penggabungan teks (&)
&

0 komentar:

Posting Komentar